tmandiripku@gmail.com 085363617519 Jl. Rajawali Sakti No: 90

IKM Post Test Topik 1 Modul 2 (M12): Mendidik dan Mengajar

Mendidik dan Mengajar

Berikut ini adalah soal dan jawaban post test modul 1 bagian 2. Ada 12 soal.

1. Ki Hajar Dewantara mendefinisikan “Pendidikan” sebagai “tuntunan”. Artinya…

  1. Tuntunan guru untukmembimbing murid
  2. Tuntunan dalam proses pembelajaran
  3. Tuntunan murid dalam berprestasi
  4. Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya

2. Apa definisi “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?

  1. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
  2. Menuntun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya yang ada disekitarnya.
  3. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi lebih tahu agar wawasan dan keterampilan yang dimiliki lebih baik untuk masa depannya.
  4. Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal.

3. Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali:

  1. Guru menyampaikan cara membuat puisi.
  2. Guru mengamati minat murid terhadap puisi.
  3. Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru.
  4. Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan.

4. Menurut Ki Hadjar Dewantara, …. merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.

  1. Menuntun.
  2. Tuntunan.
  3. Pendidikan.
  4. Pengajaran.

5. Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari “tuntunan” orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah …

  1. Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya.
  2. Akal budi yang berkembang.
  3. Kekuatan murid yang semakin meningkat.
  4. Arah minat dan perubahan karakteristik diri.

6. Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata “pendidikan” dan “pengajaran” menurut Ki Hadjar Dewantara…

  1. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran.
  2. Tuntunan adalah salah satu bagiandari pendidikan.
  3. Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan.
  4. Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan.

7. Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan…

  1. Murid malas belajar.
  2. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan.
  3. Murid tertekan untuk sekolah.
  4. Sistem penilaian tidak sesuai.

8. Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasion dan ilmu pengetahuan tanpa adanya . . .

  1. Pendidikan emosional dan kecerdasan.
  2. Olah rasa dan pendidikan intelektual.
  3. Pendidikan intelektual dan emosional.
  4. Pendidikan emosional dan olah rasa

9. Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali…

  1. Berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
  2. Berperasaan.
  3. Dapat bekerja berdasarkan kehendak.
  4. Mengatur orang lain.

10.  Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah…

  1. Humanis, Oportunis, Kerakyatan.
  2. Humanis, Kerakyatan dan Praktis
  3. Humanis, Kerakyatan dan Kebangsaan.
  4. Humanis, Kebangsaan dan Intelektualistis.

11. Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali…

  1. Berdaya
  2. Berbudi pekerti
  3. Beriman
  4. Berkuasa atas kehendak diri

12. Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena…

  1. Penting untuk masa depan.
  2. Membuat diri murid menjadi seimbang.
  3. Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid
  4. Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan

Setelah menyelesaikan post test modul 1 bagian 2 kita lanjut ke modul 1 bagian 3.

Komentari Tulisan Ini
Drs. H. Zulbahri Majid, MPd

- Kepala Sekolah -

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat membaktikan segala hal yang kita miliki untuk…

Drs. H. Zulbahri Majid, MPd

- Kepala Sekolah -

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat membaktikan segala hal yang kita miliki untuk kemajuan dunia pendidikan. Apapun bentuk…

Jajak Pendapat

Berlangganan

WhatsApp-Button